Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ngobrol Sehat Part 1 Tentang Vaksin Anak dengan dr. Kristo

Apa kabar, Rekan Sehat?

Pada tanggal 15 Januari kemarin telah diadakan Ngobrol Sehat tentang vaksin anak bersama pakar vaksinasi anak dan dewasa, yaitu dr. Kristoforus Hendra Djaya, SpPd di Twitter @ProSehat. Banyak sekali partisipan yang mengikuti acara ngobrol sehat part I kemarin, membanjiri linimasa kami dan memborbardir dr. Kristo dengan pertanyaan terkait dengan vaksinasi anak.  Apakah Rekan Sehat juga berpartisipasi dalam acara tersebut? Jika tidak, berikut rangkuman beserta pertanyaan yang diutarakan oleh kami yang kemudian dijawab oleh dr. Kristoforus langsung.

12417960_1697714697129535_44388730617041912_n

Rangkuman Tanya Jawab Ngobrol Sehat bersama dr. Kristoforus Hendra Djaya:

Pertanyaan 1:

Dok, sebelum masuk ke tema kita hari ini, boleh kan dokter kenalin dulu apakah vaksinasi itu?

Jawaban:

Yup! Selamat malam semua! Kalau kita bicara vaksinasi, berarti kita bicara kekebalan. @Vaksinasi adalah proses menimbulkan kekebalan buatan dengan memaparkan tubuh kita pada kuman/virus yang sudah tak dapat menyerang tubuh kita lagi (sudah mati atau dilemahkan). Akibatnya tubuh kita akan membangun pasukan kekebalan.

Pertanyaan 2:

Jadi, vaksinasi itu perlu dilakukan sejak anak-anak ya dok, kenapa ya dok?

Jawaban:

Karena usia anak2 adalah usia yang paling rentan penyakit, pertahanan tubuh belum matang, dan belum bisa melindungi dirinya sendiri. Sedangkan kuman/virus cenderung akan mencari mereka yang berdaya tahan lemah, yang paling mudah diserang. Kita tidak selalu bisa memaksa anak-anak cuci tangan, pakai masker, atau makan makanan yang bersih. Tapi kita selalu bisa memberikan @vaksinasi pada mereka.

Pertanyaan 3:

Untuk jenis vaksinnya sendiri, ada berapa banyak vaksin yang harus dan penting diberikan kepada anak dok?

Jawaban:

Tidak ada lagi @vaksinasi yang harus atau yang penting untuk diberikan. Semua vaksin penting untuk diberikan, tergantung risiko apa saja yang kita hadapi. Ada 18 penyakit pada anak-anak yang sudah bisa diberikan vaksinasinya dan 17 diantaranya telah direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Pertanyaan 4:

Wah banyak sekali ya dok, untuk pemberiannya harus diselang-seling atau bisa sekaligus saat anak lahir dok?

Jawaban:

Pemberian @vaksinasi sebaiknya mengikuti jadwal yang direkomendasikan untuk mendapatkan proteksi maksimal. Ada yang bisa diberikan sekaligus, ada yang harus bertahap. Yang jelas, dalam 1x kunjungan ke dokter bisa diberikan beberapa vaksinasi sekaligus.

Pertanyaan 5:

Mohon share sekalian dok, jadwal vaksin anak yang terbaru dan direkomendasikan dokter.

Jawaban:

Karena banyaknya jadwal @vaksinasi anak yang direkomendasikan oleh IDAI, saya berikan linknya saja agar bisa didownload dan dipelajari ya: klinikvaksinasi.com/jadwal-vaksinasi

Pertanyaan 6:

Nah dok, kenapa ya vaksin itu harus dilakukan sesuai jadwalnya?

Jawaban:

Yaa, setiap @vaksinasi itu sebelum diluncurkan kan sudah dilakukan uji coba ya. Bagaimana cara pemberiannya agar mencapai 1) proteksi maksimal 2) jangka proteksi panjang dan 3) efek samping minimal. Nah dari penelitian itulah dibuat rekomendasi. Karena itu jadwal itu sebaiknya diikuti semaksimal mungkin agar hasil perlindungannya maksimal.

Pertanyaan 7:

Bila terlewat dari jadwalnya sebaiknya apa yang dilakukan? Apa harus mengulang?

Jawaban:

Tidak, tidak perlu pengulangan dari awal. @Vaksinasi itu tidak hangus, hanya kekebalannya menurun perlahan-lahan. Makanya sebelum turun harusnya diberikan booster/suntikan berikutnya untuk melonjakkan kadar kekebalan kita. Kalau terlambat ya segera disusulkan saja sebelum kadar antibody kita turun. Makin cepat, makin vaik.

Pertanyaan 8:

Apakah mereka yang sudah di vaksin ada kemungkinan terkena penyakit tersebut?

Jawaban:

Ada. Kekebalan dari @vaksinasi tidak 100%. Ibarat kita perang pakai baju besi, kalau ditembak mungkin masih selamat. Kalau dibom nuklir tetap tidak selamat. Kira-kira begitulah analoginya. Kekebalan vaksin ibarat benteng yang kekuatannya hingga 90-an persen. Bila kuman/virusnya sangat banyak, bisa jadi pertahanan kita juga kalah dan akhirnya terserang juga. Tapi orang yang sudah divaksinasi biasanya lebih kebal dan kalau sakit pun lebih ringan.

Pertanyaan 9:

Apakah vaksin perlu juga dilakukan saat dewasa? Vaksin apa saja itu dok?

Jawaban:

Tentu! Analoginya seperti musim hujan. Anak-anak perlu bawa payung. Orang dewasa juga perlu payung kan? Tentu semua penyakit yang bisa menyerang anak-anak, tentu juga bisa menyerang dewasa, walaupun gejalanya lebih ringan. Tapi orang dewasa juga bisa jadi vektor penularannya. Makanya baik anak maupun dewasa semuanya perlu @vaksinasi!

Nah, itu tadi acara Ngobrol Sehat part I kemarin. Jangan lupa untuk mengikuti ngobrol sehat part ke-2 pada tanggal 22 Januari ini dengan tema Tumbuh Kembang Anak.

Psst… Ada hadiah menarik berupa voucher senilai 1 juta untuk setiap pertanyaan terbaik yang akan dipilih di setiap part acara Ngobrol Sehat. Follow sosial media kami @prosehat dan fb page ProSehat untuk update berita Ngobrol Sehat terbaru. Stay tuned!

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com