Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cara Terbaik Mengatasi Bayi Tidak Mau Menyusu – ProSehat

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia D 

Bayi Tidak Mau Menyusu Karena Sedang Merasa Sakit Gigi di Gusinya

Ketika bayi tidak mau menyusu tentunya membuat Sahabat Sehat kebingungan. Karena bagaimanapun ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Pada awal kehidupan, ASI (Air Susu Ibu) merupakan sumber makanan dan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembangnya.

ASI mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh Si Kecil, yaitu kekebalan tubuh alami (antibodi), antioksidan, dan enzim dari tubuh ibu. Antibodi dari tubuh ibu akan melindungi Si Kecil dari paparan infeksi virus dan bakteri. ASI mengandung antibodi Imunoglobulin A yang berfungsi melapisi usus bayi yang belum sempurna sehingga membantu melawan kuman dan alergan (zat penyebab alergi) yang masuk ke dalam tubuh.2

Oleh sebab itu, penting bagi Sahabat Sehat memastikan Si Kecil mendapatkan asupan ASI yang cukup yang berguna bagi tumbuh kembangnya. Namun apabila Si Kecil tidak mau menyusu, Sahabat Sehat harus tahu tindakan seperti apa yang harus dilakukan.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Bayi Tidak Mau Menyusu

Si kecil yang menolak atau mogok menyusu disebut juga milk strike atau breastfeeding strike. Hal ini umumnya terjadi pada usia sekitar 3 bulan.3 Si Kecil yang belum dapat berkomunikasi dengan jelas, menyebabkan Sahabat Sehat kebingungan dan hanya dapat menebak-nebak mengapa Si Kecil menolak menyusu.

Sebagai orang tua, sangat penting untuk tahu apa yang menyebabkan si kecil mogok menyusu. Dengan demikian Sahabat Sehat bisa menentukan solusi terbaik apa yang harus dilakukan.

Berikut ini adalah berbagai hal yang sering menjadi penyebab Si Kecil sulit menyusu :

Si Kecil Tidak Sedang Lapar

Bisa jadi sebenarnya si kecil sedang tidak merasa lapar. Oleh sebab itu cobalah tunggu beberapa saat. Tidak harus memaksa si kecil harus menyusu di jam yang Sahabat Sehat mau.

Namun jika setelah lebih dari 2 jam dari jadwal biasa menyusu si kecil tetap mogok menyusu bisa jadi ada masalah lain yang harus Sahabat Sehat cari tahu.

Si Kecil Merasa Sakit

Ketika bayi kecil Sahabat Sehat mogok menyusu maka kemungkinan hal tersebut terjadi karena dia hendak tumbuh gigi atau sedang mengalami pilek, maupun demam. Karenanya cek kesehatan bayi secara berkala dan bila perlu baw ke dokter untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Untuk menghilangkan atau mengurangi rasa sakit si kecil akibat tumbuh gigi bisa dengan mengusap gusi dengan handuk dingin atau dengan jari ibu sebelum menyusuinya. Pastikan menggunakan handuk bersih ataupun jari yang sudah dicuci dan dibersihkan dengan baik. Jika diperlukan, bawa si kecil ke Dokter untuk mendapatkan pertolongan menghilangkan rasa sakit si kecil atau agar dia mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.

Posisi Menyusu yang Tidak Nyaman

Posisi yang membuat ibu nyaman dalam menyusui belum tentu merupakan posisi yang disukai oleh si kecil. Ketika si bayi merasa jauh lebih nyaman berada di satu posisi, dia akan menolak posisi yang tentunya membuatnya tidak nyaman.

Maka dari itu, sangat penting mencoba memindahkan posisi misalnya ketika si kecil tidak suka posisi di sebelah kanan, gantilah dengan memberikan asi dari payudara di sebelah kiri.

Lingkungan Panas

Suasana juga mempengaruhi bayi mau menyusu atau tidak. Udara yang terasa kering dan panas dapat membuat bayi malas menyusu. Pada beberapa kasus bayi juga ditemukan tidak menyukai tempat menyusu yang terlalu dingin.

Jika bayi tidak mau menyusu karena masalah lingkungan yang tidak dia sukai, cobalah untuk pindah ruangan. Bisa ke ruangan yang lebih teduh, atau ruangan yang memiliki udara lebih segar.

Masalah di Rasa ASI

Si Kecil mungkin tidak menyukai suhu air susu, rasa atau tekstur susu yang diberikan. Hal ini biasanya terjadi pada bayi yang baru saja diberikan susu formula atau karena jenis makanan tertentu yang ibu makan sehingga rasa ASI-nya berubah.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi ibu yang sedang menyusu untuk menjaga pola makannya agar rasa ASI yang diberikan tidak sampai berubah. Hindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan perubahan hormon tubuh secara mendadak karena dapat ikut merubah rasa ASI.

Tidak Menyukai Tekstur Dot dan Puting

Bayi juga bisa jadi tidak menyukai tekstur dot ataupun bentuk puting ibu sehingga dia menjadi tidak mau menyusu. Pada bentuk puting, beberapa bayi diketahui melakukan mogok menyusu karena merasa kesulitan akibat puting ibu yang datar (tidak terlalu menonjol).

Jika masalahnya adalah karena puting, silahkan Sahabat Sehat mencoba menggunakan dot sebagai solusi. Namun jika si bayi tidak mau menyusu karena tidak suka dotnya, cobalah gunakan dot dengan bentuk dan ukuran lain, atau coba untuk kembali kepada puting ibu (menyusui secara langsung).

ASI di Payudara Sedikit

Bayi juga dapat merasa kecewa ketika ASI yang keluar hanya sedikit. Akibatnya bayi jadi malas menyusui karena tidak mendapatkan ASI dalam jumlah yang dibutuhkan.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Misalnya mengkonsumsi sayuran dan biji-bijian. Stress juga dapat mengurangi produksi ASI, oleh sebab itu stress harus dihindari pada ibu hamil. Selama ASI masih hanya sedikit, ibu menyusui bisa memompa asi sehingga stok asi tersedia dan dapat dicoba berikan pada bayi menggunakan dot. Hal ini dapat merangsang bayi untuk kembali doyan menyusui.

Aroma Tubuh Ibu Berubah

Perubahan aroma tubuh membuat bayi tidak mengenali tubuh ibuny sendiri. Hal ini dapat membuat bayi menolak menyusui. Faktor makanan, stress, dan perubahan hormon dapat menyebabkan aroma tubuh ibu berubah. Selain itu, bergonta-ganti parfum juga dapat membuat bayi tidak mengenali aroma tubuh ibunya.

Oleh sebab itu, ketika menyusui sangat disarankan untuk membiarkan tubuh dalam kondisi aroma natural tubuh. Selain itu, hindari makanan-makanan yang dapat membuat aroma tubuh ataupun hormon ibu berubah. Selama aroma tubuh masih belum kembali seperti semula, Sahabat sehat bisa mencoba memberikan asi dengan menggunakan dot ataupun cara-cara lainnya. Jangan menyerah untuk memberikan ASI karena hanya itu sumber nutrisi utama bagi si kecil.

Lihat Juga: Mineral untuk Pertumbuhan Anak

Nah Sahabat Sehat, itulah berbagai tips untuk mengatasi bayi tidak mau menyusu yang wajib dipahami terutama oleh ibu bayi. Namun Sahabat Sehat perlu mewaspadai, jika Si Kecil tidak mau menyusu disertai dengan  keluhan lain misalnya demam, muntah, rewel, diare dan kesulitan bernapas maka sebaiknya diperiksakan ke dokter terdekat.

Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama dirumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. Kam R. Breast Refusal 13 Tips For A Baby That Refuses The Breast [Internet]. USA : Belly Belly. 2021 [updated 2021 April 27; cited 2021 July 30].
  2. Cleveland Clinic. Benefits of Breastfeeding: For Baby and Mom [Internet]. USA : Cleveland Clinic. 2018 [updated 2018 Jan 01; cited 2021 July 30].
  3. Chin F. Bottle-Feeding Your Baby Is Easy With These Helpful Tips [Internet]. Singapore : TheAsianparent [Internet]; [cited 2021 July 30].
  4. Gill K. Baby Refusing the Bottle? Try These Tips [Internet]. USA : Healthline. 2020 [updated 2020 June 29; cited 2021 July 30].
  5. Garcia N. 4 Effective Tricks to Get Your Baby to Drink Milk [Internet]. USA : Sleeping Should Be Easy. 2020 [updated 2020 July 30; cited 2021 July 30].
  6. Catton G. Why has my bottle-fed baby started to refuse the bottle? [Internet]. BabyCentre UK. 2020 [updated 2020 Sep; cited 2021 July 30].

Chat Asisten ProSehat aja