Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

8 Resep Menu MPASI Bayi 6 Bulan yang Bisa Bunda Coba

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan 8 resep menu MPASI bayi 6 bulan yang sehat dan dapat membantu pertumbuhan anak ibu. Apabila bayi Ibu sudah berusia 6 bulan, tentunya memikirkan tentang makanan pendamping ASI (MPASI) yang tepat merupakan hal yang perlu ibu pikirkan serta pertimbangkan. Hal ini dikarenakan organ-organ pencernaan bayi pada usia tersebut sudah semakin berkembang.

Dengan berkembangnya sistem saluran pencernaan, bayi berusia 6 bulan akan membutuhkan nutrisi-nutrisi tambahan yang tidak ada di dalam ASI. Beberapa nutrisi tambahan tersebut antara lain adalah zat besi, yang sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Tentunya ibu juga harus memperhatikan hal-hal seperti komposisi, banyaknya makanan yang diberikan, serta menentukan jadwal pemberian MPASI tersebut. Kenapa harus memperhatikan hal-hal tersebut? Karena apabila ibu tidak memperhatikan komposisi yang tepat, besar kemungkinan terjadinya malnutrisi pada bayi yang dikhawatirkan akan memiliki dampak bagi proses tumbuh kembang mereka.

Beberapa tips yang harus diperhatikan dalam menyiapkan MPASI antara lain adalah sebagai berikut:

1. Makanan harus dilunakkan terlebih dahulu dan dibuat menjadi semacam bubur atau puree,
2. Perkenalkan bayi terhadap sayur-sayuran terlebih dahulu sebelum mengenalkan kepada makanan lain seperti buah-buahan,
3. Jangan menambahkan gula atau garam ke dalam MPASI,
4. Kenalkan MPASI secara perlahan dan jangan memaksa bayi untuk makan,
5. Porsi MPASI juga harus dinaikkan secara bertahap dan perlahan, mulailah dari sekitar dua sendok makan dua kali sehari,
6. Usahakan tidak merebus bahan makanan untuk MPASI karena dikhawatirkan akan menghilangkan nutrisi di dalamnya, cobalah dikukus atau dipanggang.
7. Jangan terburu-buru memberikan menu MPASI baru kepada bayi, berikan jeda 3 hari untuk setiap menu guna melihat apakah bayi memiliki reaksi alergi terhadap makanan yang diberikan.
8. Sebagai tahap perkenalan MPASI, campurkan bahan makanan dengan ASI atau susu formula sebanyak 4-5 sendok teh atau sekitar 30ml

Lalu bagaimana untuk resep makanan dan cara memasaknya?

Berikut ini akan kami berikan 8 resep menu MPASI bayi 6 bulan pilihan yang bisa ibu coba di rumah, yang diharapkan bisa membantu ibu dalam menyusun program MPASI bagi bayi.

1. Bubur/Puree Alpukat

Alpukat merupakan buah yang bergizi, serta merupakan sumber lemak yang baik dan dibutuhkan oleh bayi. Selain itu, buah Alpukat juga kaya akan vitamin C dan K yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki jaringan tubuh.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
1. Kerok buah Alpukat, kemudian haluskan dengan blender
2. Campur dengan sekitar 30ml ASI

2. Bubur Beras

Salah satu makanan yang umum digunakan untuk MPASI, bubur beras mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi, terutama apabila menggunakan beras merah.

Cara membuat bubur beras:
1. Masak beras secukupnya dengan air bersih hingga menjadi bubur
2. Saring
3. Campurkan dengan ASI

3. Bubur Ubi

Ubi dan juga umbi-umbian lainnya mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk bayi seperti vitamin C, A, dan E, sehingga aman diberikan sebagai MPASI.

Cara membuatnya:
1. Kukus Ubi,
2. haluskan dengan blender
3. Saring

4. Bubur Apel

Apel mengandung kalori tinggi, serta kandungan vitamin A dan C yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Tetapi karena buah ini cukup keras, sebaiknya ibu benar-benar pastikan bubur Apel sudah benar-benar halus sebelum diberikan kepada bayi.

Cara membuat bubur Apel:
1. Kupas dan potong Apel
2. Kukus
3. Haluskan dengan blender
4. Saring

5. Bubur Bayam

Seperti disebutkan di awal, zat besi merupakan salah satu yang terpenting bagi perkembangan bayi usia 6 bulan, sehingga sayur Bayam yang tinggi kandungan zat besinya akan sangat baik untuk diberikan kepada bayi ibu.

Cara memasaknya:
1. Potong batang bayam
2. Bersihkan daun bayam yang akan dimasak
3. Kukus daun bayam
4. Blender daun bayam hingga halus

6. Bubur Tofu

Tofu dan juga tahu lainnya sangat baik digunakan untuk MPASI, dikarenakan kandungan protein yang tinggi serta teksturnya yang lembut.

Cara memasak tofu untuk MPASI
1. Kukus tofu yang akan dijadikan bubur
2. Blender tofu hingga halus

7. Puree/Bubur Pisang

Buah pisang juga salah satu yang biasa digunakan sebagai MPASI, karena selain kaya vitamin pisang juga baik untuk pencernaan bayi.

Cara memasak puree buah pisang adalah sebagai berikut:
1. Blender pisang hingga halus
2. Campur sedikit ASI bila perlu

Buah pisang sendiri sebenarnya bisa langsung disajikan kepada bayi, tentunya ibu harus menyendoknya dan menyuapkan kepada bayi secara perlahan dan hati-hati.

8. Puree/Bubur Mangga

Buah Mangga mengandung beta karoten yang tinggi dan baik untuk anak dikarenakan nantinya zat tersebut akan diubah menjadi vitamin A saat berada di dalam tubuh. Selain vitamin A, buah Mangga juga kaya akan vitamin C yang baik dalam membantu menyerap zat besi yang sangat dibutuhkan bayi.

Cara membuat puree atau bubur Mangga adalah:
1. Kupas Mangga
2. Iris kecil-kecil atau potong dadu,
3. Buang biji nya
4. Blender sampai halus

Dengan memberikan menu yang tepat untuk MPASI, dan memilih hanya bahan-bahan yang mengandung gizi yang sedang sangat dibutuhkan bayi usia 6 bulan, diharapkan akan dapat membantu serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi Ibu.

Semoga informasi terkait 8 Resep Menu MPASI Bayi 6 Bulan ini bermanfaat bagi Ibu ya, dan semoga anak ibu bisa tumbuh sehat secara optimal dengan menggunakan resep MPASI yang kami berikan.

instal aplikasi prosehat

Chat Asisten ProSehat aja