Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Tips Road Trip 3 Hari di Jalan dengan Anak

Menjelang liburan kali ini, apa rencana liburan bersama keluarga? Road trip sambil menghabiskan 3-4 hari di dalam mobil, mengamati keindahan sepanjang jalan dengan anak tentunya akan menjadi pengalaman menarik bagi keluarga Anda. Akan tetapi menghabiskan berhari-hari di jalan bisa jadi membuat beberapa anak dilanda kebosanan. Tenang saja, karena 7 tips road trip 3 hari di jalan dengan anak ini akan mempersenjatai Anda dengan baik.

Mulai dari packing, selama di perjalanan, di tempat istirahat menuju destinasi, pastikan semua kebutuhan si kecil terlengkapi.

prosehat road trip 1

1.Double-check kondisi kesehatan anak

Sebelum merencanakan liburan road trip yang akan menghabiskan waktu 3-4 hari, pastikan kondisi kesehatan anak Anda dalam kondisi prima dan sebelumnya telah diberikan vaksin influenza agar terhindar dari sakit ketika daya tahan tubuhnya menurun. Kondisi anak Anda yang sedang flu berat disarankan untuk menunda keberangkatan karena pada saat itu, tubuhnya perlu instirahat penuh.

Baca juga: Vaksinasi Influenza untuk Keluarga Siap Liburan

2. Penuhi tas backpack mereka

Pastikan setiap anak dilengkapi dengan tas sekolah mereka yang dapat diisi dengan benda-benda kesayangan mereka seperti buku mewarnai, gadget mereka, buku cerita, mainan kesayangan sampai boneka. Tas mereka nantinya dapat menjadi pengusir bosan selama road trip berhari-hari. Jika mereka memiliki gadget berupa kamera, beri mereka tugas untuk mengambil gambar pemandangan sehingga perhatian mereka akan teralihkan sepenuhnya.

3. Double-check kebutuhan tidur, pakaian ganti dan perlengkapan mandi mereka

Kemasi 1 tas kecil dengan kebutuhan pakaian untuk hari esok, pakaian tambahan seperti pakaian tidur dan jika anak Anda mabuk darat, muntah mengotori pakaiannya. Lengkapi juga perlengkapan mandi mereka seperti sikat gigi, odol, tisu basah dan sabun cair. Pastikan kebutuhan untuk hari pertama road trip dengan anak berada di dalam 1 tas kecil yang mudah diakses di dalam kendaraan Anda. Tak lupa juga penuhi mobil Anda dengan selimut dan bantal agar kualitas tidur anak Anda terjaga. Jika anak Anda masih membutuhkan car seat, jangan lupa untuk memasukkan hal tersebut ke dalam list.

4. A Bag Full of Snacks

Snacks seperti coklat, permen, dan chips akan menjadi penyelamat Anda pada saat road trip berhari-hari di jalan dengan anak-anak Anda. Double-check snacks kesukaan mereka terkemas dengan baik di dalam cooler atau satu kontainer dan jangan taruh kontainer di bangku belakang kendaraan Anda. Mudahkan akses mereka ke makanan agar Anda tidak terganggu dengan teriakan seperti, ‘Ma, lapar!’ dan harus berhenti setiap 30 menit sekali untuk memenuhi permintaan mereka. Tidak perlu takut untuk anak makan makanan seperti ciki, coklat dan snack kurang sehat lainnya dengan imbalan mereka ditugaskan untuk mengumpulkan sampah bekas makannya.

5. Hibur anak dengan gadgets

Terkadang ketika anak merasa bosan berada di mobil dalam waktu yang lama, selain snacks, hiburan mereka lainnya adalah gadget. iPad, tablet, atau smartphone mereka menjadi penyelamat kebosanan dalam perjalanan seperti road trip. Kumpulkan semua gadget dengan baterai dan charger di dalam 1 tas yang memadai untuk menampung semua kebutuhan gadgetnya. Jika ada kemungkinan Anda sekeluarga menginap di hotel, maka Anda tidak perlu mengeluarkan koper Anda hanya karena baterai charger tertinggal di dalam koper tersebut.

6. Jadwalkan pola makan anak

Jangan sampai anak Anda kelaparan selama road trip di jalan. Selain snack, Anda sekeluarga tentunya perlu makan makanan besar. Tips yang dapat dilakukan adalah dengan menawarkan mereka untuk sarapan dengan gaya ‘piknik’. Piknik yang dimaksud adalah makanan yang Anda simpan di dalam cooler box seperti buah-buahan, jus, dressing untuk sandwich atau salad. Sementara untuk makan siang dan malam, pastikan anak Anda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk mengisi ulang tenaganya. Siapkan GPS untuk track tempat makan yang berada di dalam jangkauan.

7. Nyalakan AC dan buka jendela selama 10 menit

Sebelum berangkat, bakteri dan debu pasti menghinggapi seluruh ruang pada kendaraan Anda. Tips ini cukup ampuh untuk usir debu dan bakteri: nyalakan AC dengan keadaan jendela terbuka selama 10 menit sebelum berangkat. Jika anak Anda memiliki alergi atau asma cara ini dapat menekan kambuhnya alergi mereka.

8. Sediakan Paket P3K Liburan Anak

Sediakan first-aid treatment seperti kotak p3k anak ini yang dilengkapi dengan obat diare (probiotik), larutan oralit, paracetamol, kompres anak, obat anti mabuk perjalanan, ambroxol (obat batuk), betadine, kasa dan perban, minyak telon dan minyak kayu putih. Kotak p3k anak ini wajib dibawa karena kemungkinan yang dapat terjadi akibat terlalu lama berada di dalam kendaraan.

prosehat banner paket p3k anak

Beli di sini: Paket P3K Liburan Anak

7 tips di atas dapat mengusir kebosanan serta menjaga kualitas kesehatan Anda sekeluarga. Jangan lupa para orang tua untuk selalu menjaga kondisi daya tahan tubuh agar terhindar dari sakit.

Selamat liburan!

prosehat ebook p3k anak

Free Download E-book P3K Anak: Tips dan Checklist Jaga Anak Tetap Sehat Saat Liburan

Referensi:

WhatsApp Asisten Maya saja