Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Tips Liburan dengan Anak ke Pegunungan

Merencanakan liburan ke pegunungan dapat membuka pikiran anak lebih luas lagi akan keindahan alam. Langit yang biru, udara yang segar dan pemandangan hijau yang menyejukkan mata menjadi salah satu objek wisata pilihan keluarga saat liburan. Waspadai perubahan iklim yang dapat menjadi bumerang bagi anak Anda. Tipisnya udara di ketinggian tertentu dapat mempengaruhi kualitas kesehatannya hingga membuatnya sesak nafas. Belum lagi perjalanan menuju puncak yang berliku, hingga beberapa kasus membuat anak mengalami mabuk darat dalam perjalanan disertai muntah hebat hingga kekurangan cairan. Dan jika sudah kekurangan cairan, hal tersebut dapat membahayakan nyawanya.

prosehat pegunungan

Beberapa hal ini kerap terjadi saat membawa anak berlibur ke daerah pegunungan:

  • Mual yang disertai pusing
  • Muntah akibat mabuk darat (perjalanan berliku)
  • Kelelahan karena terlalu lama di dalam mobil
  • Kurang tidur karena posisi di dalam mobil yang membuat anak tidak nyaman untuk tidur
  • Hilang nafsu makan karena pola makan yang berantakan saat di perjalanan
  • Sesak nafas dan mimisan karena perbedaan ketinggian dan menipisnya oksigen di udara

You know your children. Jika anak Anda memang sudah sering mengalami mabuk darat saat berlibur ke daerah pegunungan, sebaiknya lakukan 7 tips liburan ini untuk mengurangi risiko anak sakit dalam perjalanan menuju pegunungan:

1. Persiapkan bantal, selimut, dan boneka kesayangan si kecil jika estimasi perjalanan di dalam mobil menuju pegunungan menghabiskan waktu lebih dari 3 jam. Buat anak Anda nyaman di dalam mobil akan mempengaruhi kesehatannya.

2. Persiapkan selalu kotak p3k anak yang bisa Anda dapatkan di sini. Kotak p3k ini dapat dibawa dengan mudah dan sudah dilengkapi dengan obat-obatan yang diperlukan untuk jaga anak tetap sehat dan atasi keluhan yang dirasakan anak dalam perjalanan liburannya.

3. Untuk mencegah anak mual dalam perjalanan beberapa orang tua meyakini bahwa tidur dapat memperbaiki kualitas kesehatannya. Sebelum melakukan penanjakan, buat anak tidur secara alami.

Baca juga: 7 Tips Bantu Balita Tetap Tenang Saat Terbang

4. Untuk mencegah muntah jika anak Anda tidak berhasil terlelap, buat tubuhnya hangat dengan menggunakan minyak penghangat yang sudah tersedia di dalam kotak p3k anak Anda.

prosehat banner paket p3k anak

Beli di sini: Paket P3K Liburan Anak

5. Untuk mencegah dehidrasi akibat muntah, penuhi kebutuhan cairannya dengan air mineral.

6. Jaga selalu pola makan anak dengan membuat jadwal makan pagi, siang dan malam berikut dengan cemilan di antara ketiga makan besar tersebut.

7. Jangan sampai mereka mengalami kelelahan karena terlalu lama duduk di dalam kendaraan atau letih karena mendaki pegunungan. Buat mereka terpuaskan dengan pemandangan yang hijau dan udara yang bersih tanpa harus mendaki ke puncak yang tinggi.

7 tips liburan di atas dapat Anda lakukan dengan mudah karena dengan persiapan yang baik, hal-hal buruk seperti yang sudah disebutkan di atas tidak akan terjadi. Jangan lupa untuk cek kondisi cuaca, karena jika bepergian ke daerah pegunungan saat musim hujan, akan memperburuk kondisi kesehatan anak Anda.

prosehat ebook p3k anak

Free Download E-book P3K Anak: Tips dan Checklist Jaga Anak Tetap Sehat Saat Liburan

Referensi:

WhatsApp Asisten Maya saja