Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

7 Tips Bantu Balita Tetap Tenang Saat Terbang

Banyak orang tua merasa khawatir ketika membawa anak usia balita (bawah umur lima tahun) bepergian dengan pesawat. Ketakutan seperti balita yang rewel sepanjang jalan sehingga mengganggu penumpang lainnya membuat banyak orang tua mempertimbangkan untuk membuat anak tertidur sebelum naik pesawat terbang. Memberi obat tidur bukan cara yang bijaksana, karena masih banyak tips yang dapat membuat anak Anda tenang bahkan tidur secara alami selama terbang.

1. Perjalanan Pada Waktu Tidur Siang / Malam

Rencanakan perjalanan saat jam tidur siang atau beberapa jam sebelum waktu tidur malam mereka. Jika perjalanan Anda di dalam pesawat hanya memakan waktu sekitar 2-3 jam, maka pastikan untuk membuat anak nyaman saat tidurnya jika Anda tidak ingin dikejutkan dengan isak tangisnya hanya karena tidurnya yang kurang nyaman.

2. Siapkan Cemilan

Bawa benda-benda favorit anak yang akan mengalihkan perhatiannya saat perjalanan. Ketika pesawat mulai terbang dan balita terlelap, pastikan Anda sudah mempersiapkan kemungkinan yang akan terjadi ketika ia terbangun dari tidurnya. You know your children. Ada beberapa anak yang bisa menjadi tenang kembali dengan makanan setelah menangis histeris. Sediakan coklat, permen, kue atau susu hangat yang menjadi kesenangan si kecil selama perjalanan. Perut yang kenyang dapat membawa balita Anda kembali ke dalam lelapnya.

3. Biarkan Anak Bermain Sepuasnya Sebelum Terbang

Beberapa jam sebelum waktu tidurnya, yang juga menjadi jadwal Anda terbang, biarkan anak Anda yang hiperaktif untuk bermain sepuasnya. Ketika mereka kelelahan, jangan lupa beri susu hangat agar tidurnya semakin nyenyak. Hal ini dipercaya efektif untuk membuat balita Anda terlelap saat di pesawat.

4. Buat Balita Nyaman Selama di Pesawat

Persiapkan benda-benda wajib kebutuhan si kecil seperti popok, baju hangatnya, selimut hangatnya, botol susu ekstra, dan susu bubuk kesukaannya untuk mendukung balita tetap terlelap tidur selama di dalam pesawat. Kondisikan bangku pesawat Anda sama nyaman dengan ranjang tidurnya.

5. Pastikan Stok Susu Hangat Tersedia

Balita Anda akan terlelap dengan cepat dengan susu hangat. Pastikan sebelum boarding, stok susu balita Anda mencukupi hingga pesawat landing. Sediakan 4-5 botol susu hangat sehingga selama perjalanan di dalam pesawat balita Anda akan sibuk minum susu. Dan dengan perut yang kenyang, mereka akan dengan mudah terlelap.

Baca juga: 8 Checklist Ibu Menyusui ASI dengan Bayinya untuk Naik Pesawat

6. Siap Sedia Kotak P3K Anak

Jika kotak p3k atau obat-obatan tertentu diperbolehkan untuk dibawa ke dalam bagasi pesawat Anda, pastikan salah satu obatnya dapat membantu anak Anda tertidur dengan lelap. Seperti contohnya adalah penghangat tubuhnya berupa salep yang juga menjadi bagian dari kotak p3k anak Anda. Cek di sini untuk list obat-obatan penting untuk balita selama perjalanan di dalam pesawat.

prosehat banner paket p3k anak

Beli di sini: Paket P3K Liburan Anak

7. Sediakan Bangku Khusus

Terkadang balita Anda yang sudah cukup besar memerlukan bangku tersendiri di dalam pesawat. Jika memungkinkan, sebelum melakukan perjalanan, pastikan kepada airline terkait untuk penyediaan bangku tambahan bagi si kecil. Dengan bangku khusus di dalam pesawat, diharapkan anak lebih tenang.

7 tips di atas dapat dilakukan jika jadwal penerbangan Anda hanya sekitar 2-3 jam. Balita Anda tidak perlu diberi obat tidur karena bisa saja malah membahayakan kesehatannya. Namun jika memang diperlukan, konsultasikan dengan dokter Anda untuk tahu jenis obat apa yang aman untuk digunakan selama balita berada di dalam pesawat terbang. Pastikan juga balita Anda sedang tidak sakit flu karena dengan naik pesawat terbang, balita dengan flu berat dapat mengancam keselamatannya.

Selamat terbang dengan aman dan tenang bersama anak balita Anda.

prosehat ebook p3k anak

Free Download E-book P3K Anak: Tips dan Checklist Jaga Anak Tetap Sehat Saat Liburan

Referensi:

Chat Asisten ProSehat aja