Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Persiapan Umroh Untuk Backpacker

Ingin menghilangkan penat dan stress karena pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran Anda? Mungkin saatnya Anda luangkan waktu untuk liburan sekaligus ibadah. Ya, umroh bisa menjadi salah satu cara untuk Anda mengusir penat dan lebih mendekatkan diri dengan yang kuasa. Namun biasanya melakukan perjalanan umroh dengan kelompok tour, padahal Anda menginginkan ketenangan selama perjalanan.

Untuk mendapatkan ketenangan selama perjalanan, maka bisa loh pilih perjalanan umroh dengan cara backpacker. Apa saja persiapan umroh untuk Backpacker? Yuk cek persiapan berikut ini:

1. Pakaian Selama Umroh

Pakaian selama Anda umroh tidak boleh sampai dilewatkan. Untuk  melakukan umroh, jangan lupa membawa kain putih (ihram) untuk menutupi aurat. Bawalah pakaian secukupnya dan disesuaikan dengan kondisi di lokasi tujuan.

2. Paspor Indonesia

Pastikan Anda menyiapkan pasport sebelum melakukan perjalanan. Persiapkan paspor sejak jauh-jauh hari melalui jalur resmi. Apabila Anda telah memiliki paspor, pastikan masa berlaku pasport Anda tidak kurang dari 7 bulan.

3. Visa Umroh

Untuk mendapatkan visa umroh tidak semudah yang Anda kira loh. Butuh beberapa tahap yang harus Anda persiapkan. Jika Anda tidak memiliki waktu yang banyak, maka Anda bisa bekerja sama dengan agen wisata umroh yang memiliki izin sebagai penyedia perjalanan umroh atau biro travel lainnya.

4. Surat Mahram

Untuh para wanita, saat mengurus visa pada travel atau tour umrah akan ditanyakan mengenai mahrom (suami/pendamping) selama di tanah suci. Jika Anda tidak memiliki suami atau mahrom maka Anda membutuhkan surat mahram yang bisa Anda dapatkan pada travel atau penyedia visa tersebut.

5. Tiket Pesawat

Untuk mendapatkan harga yang murah maka sebaiknya Anda pesan tiket 6-12 bulan sebelum keberangkatan atau booking tiket saat low season di bulan Februari hingga April.

6. Penginapan dan Transportasi

Selama Anda menunaikan ibadah umroh, pastikan sudah menyiapkan penginapan serta transportasi di Arab Saudi. Karena Arab Saudi memiliki peraturan Land Arrangement, merupakan layanan akomodasi dan transportasi bagi Anda jamaah yang memilih backpacker selama di tanah suci mulai dari penjemputan hingga pemulangan kembali.

7. Vaksinasi Meningitis

Bagian ini sangat penting loh sebelum Anda siap pergi umroh supaya Anda terlindungi dari bahaya penyakit meningitis meningokokus yang dapat mengancam kesehatan dan bahkan bisa menyebabkan kematian karena infeksi yang menyebar ke otak. Layanan vaksinasi meningitis ini dapat dilakukan di Kantor Kesehatan Pelabuhan atau fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan RI. Anda akan mendapatkan sertifikat vaksinasi internasional atau yang umum dikenal sebagai kartu kuning. Sertifikas ini adalah menjadi salah satu dokumen yang diwajibkan oleh kedutaan besar Arab untuk mendapatkan visa.

Apa itu meningitis meningokokus? Meningitis sendiri sebuah sindrom klinis yang ditandai dengan adanya peradangan dari selaput yang menutupi otak dan tulang belakang. Penyakit ini disebabkan dari infeksi bakteri meningokokus. Vaksinasi ini menjadi hal wajib di Arab Saudi karena pada tahun 1987 dan 2000 terjadilah kejadian luar biasa penyakit meningitis akibat bakteri meningokokus. Pastikan vaksinasi meningitis dilakukan paling lambat 2 minggu sebelum keberangkatan agar Anda lebih terlindungi. Vaksin ini dapat bertahan ada tubuh Anda selama 3 tahun.

Pastikan Anda sudah terlindungi dari meningitis meningokokus sebelum Anda melakukan perjalanan untuk umroh melalui vaksinasi meningitis meningokokus. Jika ingin lebih praktis, tak perlu bingung untuk melakukan vaksin, hanya dengan mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat, Anda bisa mendapatkan layanan vaksin ke rumah loh! Info lebih lanjut mengenai vaksinasi, hubungi segera Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga!

Referensi :

  1. Backpacker Umrah. “ 10 Tips Persiapan Umroh Backpacker”. backpackerumrah.com
  2. TanyaDok.com. “Meningitis”. tanyadok.com
  3. Haurissa, Andreas Erick. “Raga Optimal Saat Umrah”. tanyadok.com

WhatsApp Asisten Maya saja