Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

6 Makanan Pelancar ASI Untuk Bunda

Setiap Bunda pasti mendambakan produksi ASI lancar. Sayangnya, tak sedikit Bunda yang mengeluh ASI-nya tidak lancar. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satu yang paling banyak mempengaruhi adalah stres dan kurangnya asupan gizi selama menyusui.

Anjuran beberapa makanan, seperti edamame, pepaya dan wortel bisa Bunda konsumsi untuk melancarkan pasokan ASI dalam tubuh. Namun, Bunda sebaiknya tidak hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja, tetapi konsumsi-lah berbagai makanan pelancar ASI untuk mendapatkan kebutuhan nutrisi secara lengkap. Padu-padankan konsumsi makanan berikut agar produksi ASI semakin lancar.

 1. Edamame

prosehat edamame lancarkan asi

Edamame tergolong kacang-kacangan yang tinggi protein dan mengandung vitamin serta mineral yang cukup untuk produksi ASI. Kandungan vitamin A, C dan B serta kalsium juga membantu tubuh untuk menjaga kesehatan Bunda saat menyusui, sehingga tidak mudah sakit. Supaya ASI lancar, konsumsi edamame sebagai camilan dengan cara direbus. Yum!

Baca Juga: 9 Tips Asi Lancar Setelah Melahirkan

2. Pepaya

prosehat pepaya lancarkan ASI

Stres dan lemas saat menyusui? Bisa jadi Bunda kekurangan asupan kalium. Kalium bermanfaat untuk menstabilkan mood sehingga Bunda tidak mudah stres. Ternyata kalium bisa didapatkan pada buah pepaya. Bunda dapat mengolahnya menjadi jus atau smoothies.

Baca Juga: 8 Check List Ibu Menyusui Saat Naik Pesawat

3. Labu Siam

prosehat labu siam lancarkan asi

Kandungan lengkap pada buah mungil ini mampu meningkatkan produksi ASI. Labu Siam mengandung vitamin C, B kompleks dan beberapa mineral, seperti fosfor, seng dan tembaga. Tidak hanya bergizi, makanan ini juga mudah dicerna di dalam tubuh. Olah labu siam dengan direbus dan dijadikan lalapan untuk menemani makan siang Bunda.

Baca Juga: Hubungan Menyusui dengan Kanker Payudara

4. Asparagus

prosehat asparagus lancarkan asi

Kandungan fitoestrogen pada sayuran ini berfungsi untuk meningkatkan produsi ASI. Selain itu, makanan ini juga bisa memperbaiki mood. Bagi Ibu yang stres, asparagus bisa menjadi solusi sebagai makanan selingan. Sup asparagus bisa menjadi pilihan Bunda ditemani dengan susu hangat saat sore.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Kurus Setelah Melahirkan dengan Aman

5. Wortel

prosehat wortel lancarkan ASI

Buah berwarna orange ini sudah pasti Bunda kenal. Wortel mengandung vitamin A yang cukup tinggi, terutama beta karoten.  Sejak jaman dahulu, wortel terkenal mampu meningkatkan produksi ASI. Jus atau tumis wortel bisa menjadi pilihan Bunda saat mengolahnya.

Baca Juga: Tips Memerah dan Menyimpan Asi

6. Keju

prosehat keju lancarkan asi

Makanan yang digemari hampir semua kalangan ini mampu meningkatkan produksi ASI. Kandungan protein dan lemak serta beberapa vitamin dan mineral mampu melancarkan ASI Bunda. Sajikan keju dengan berbagai olahan makanan, seperti salad buah, roti panggang atau olahan pasta lainnya.

Produk Terkait: Imunisasi Anak Lengkap

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja