Telp / WhatsApp : 0811-15-12-800

5 TIPS REDAKAN BENGKAK DAN NYERI SETELAH IMUNISASI ANAK

Imunisasi adalah upaya perlindungan optimal dari penularan infeksi penyakit.  Pemberian imunisasi bertujuan untuk melindungi anak dari infeksi penyakit tertentu, menurunkan angka kejadian penyakit, dan melindungi anak lain di sekitarnya. Efektivitas sebagian besar vaksin pada anak adalah sebesar 85%-95%, tergantung respons individu.

Di lain pihak, muncul kekhawatiran pada orangtua akan efek imunisasi karena seringkali timbul bengkak dan nyeri setelah imunisasi. Padahal akibat dari penyakit yang akan muncul karena tidak diimunisasi jauh lebih membahayakan dibandingkan efek nyeri dan bengkak ringan yang dihasilkan. Selain itu, bengkak dan nyeri yang muncul biasanya hanya sekitar beberapa hari setelah penyuntikan.

Selang beberapa saat setelah imunisasi akan dijumpai bengkak atau rasa nyeri di lokasi suntikan, amankah hal tersebut? Vaksin merupakan produk yang sangat aman. Hampir semua vaksin memberikan reaksi yang bersifat ringan dan sementara.  Bengkak dan nyeri pasca imunisasi merupakan hal wajar sebagai bentuk respon alami tubuh yang dialami sebagian besar anak. Umumnya keluhan nyeri dan bengkak tersebut akan hilang dalam beberapa hari.

Lantas, jika muncul rasa nyeri dan bengkak pasca imunisasi anak apa sebaiknya yang harus Anda lakukan? Berikut beberapa cara untuk meredakan bengkak dan nyeri pasca imunisasi pada anak:

  1. Sebelum imunisasi buat anak relaks dan santai agar ototnya tidak tegang.
  2. Kompres air dingin untuk meredakan nyeri.
  3. Berikan paracetamol sesuai petunjuk dokter untuk mengurangi rasa nyeri.
  4. Hindari memberikan berbagai “ramuan” yang belum terbukti ilmiah karena dikhawatirkan malah memperparah kondisi bekas suntikan.
  5. Hindari terlalu sering menyentuh daerah bekas suntikan.

Kini, hal yang perlu Anda ketahui adalah vaksinasi bisa dilakukan dengan cara praktis. Anda hanya perlu mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat, Anda bisa mendapatkan layanan vaksin ke rumah loh!

Info lebih lanjut mengenai vaksinasi, hubungi segera Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga!

Referensi:

  1. Penjelasan Kepada Orangtua Mengenai Imunisasi [Internet]. IDAI. 2013 [cited 7 February 2018]. Available from: idai.or.id
  2. Gunardi H. Persepsi yang Salah Tentang Imunisasi (Bagian 2) [Internet]. IDAI. 2014 [cited 7 February 2018]. Available from: idai.or.id

Chat Asisten ProSehat aja